RPP Kelas 1 Kurikulum 2013 Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 2
A. Kompetensi Inti
a.
Menerima dan
menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
b.
Memiliki perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
c.
Memahami pengetahuan
faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya
berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
d.
Menyajikan pengetahuan
faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang
estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar:
1.2 Menerima
keberadaan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan manusia, bahasa yang beragam,
serta benda-benda di alam sekitar
2.1 Memiliki
kepedulian dan rasa ingin tahu terhadap keberadaan wujud dan sifat benda
melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
3.5
Mengenal teks
diagram/label tentang anggota keluarga dan kerabat dengan bantuan guru atau
teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata
bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.5
Membuat teks diagram
label tentang anggota keluarga dan kerabat secara mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu penyajian
PPKn
1.1 Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan
beragama sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah
2.1 Menunjukkan perilaku patuh pada tata tertib dan aturan
yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
3.1
Mengenal
simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”
4.1 Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan
sekolah dan mengaitkannya dengan pengenalannya terhadap salah satu sila
Pancasila
Indikator
Bahasa Indonesia
3.5.1
Menyebutkan
perbedaan perubahan cuaca
3.5.2
Mengidentifikasi
komponen tabel
3.5.3
Mencocokkan simbol
4.5.1
Membaca tabel
PPKn
3.1.1
Menyebutkan simbol
dan bunyi sila kelima
3.1.2
Mengidentifikasi
gotong-royong sebagai perilaku yang sesuai dengan sila kelima Pancasila
3.1.3
Menjelaskan manfaat
gotong royong
4.1.2
Melaksanakan
gotong-royong
C. Tujuan Pembelajaran
a.
Dengan membaca tabel
tentang perbedaan cuaca, siswa dapat menyebutkan 5 (lima) perbedaan perubahan cuaca
dalam lima hari dengan benar.
b.
Dengan mengamati
gambar simbol cuaca, siswa dapat mencocokkan simbol cuaca dengan cuaca yang
tepat dengan sesuai.
c.
Dengan mengamati
cuaca di sekitar sekolah, siswa dapat mengerjakan proyek tabel cuaca selama
lima hari dengan tepat.
d.
Dengan memperhatikan
penjelasan guru tentang simbol dan bunyi sila kelima Pancasila, siswa dapat
mengidentifikasi simbol dan bunyi sila kelima Pancasila dengan tepat.
e.
Dengan membuat
rencana gotong-royong, siswa dapat melaksanakan gotong-royong dengan semangat.
f.
Dengan
bergotong-royong, siswa dapat mengidentifikasi gotong-royong sebagai perilaku
yang sesuai dengan sila kelima dengan tepat.
RPP lengkap download di SINI
0 Response to "RPP Kelas 1 Kurikulum 2013 Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 2"
Posting Komentar