PEREDARAN DARAH MANUSIA

A. Jantung
Jantung terletak di dalam rongga dada dan diapit oleh dua paru-paru.
  • jantung dilindungi oleh tulang dada yang sangat kuat. Ukuran jantung orang dewasa kira-kira sebesar kepalan tangan. Jantung berfungsi untuk memompa darah ke paru-paru dan keseluruh tubuh.
            Di dalam rongga jantung ada 4 ruang yaitu serambi kanan, bilik kanan, serambi kiri dan bilik kiri. Cara kerja jantung adalah :
a. Pada saat jantung mengembang
  • Darah yang mengandung karbon dioksida disedot dari seluruh tubuh ke jantung. Darah ini mengalir masuk ke serambi kanan dan bilik kanan
  • Darah yang yang mengandung oksigen di sedot dari paru-paru ke jantung. Darah ini mengalir masuk ke serambi kiri dan bilik kiri
b. pada saat jantung mengerut
  • Darah yang mengandung karbon dioksida dipompa dari jantung keparu-paru. Darah ini mengalir keluar dari serambi kanan dan bilik kanan menuju ke paru-paru.
  • Darah yang mengandung oksigen di pompa dari jantung  keseluruh tubuh. Darah ini mengalir keluar dari serambiu kiri dan bilik kiri menuju kesdeluruh tubuh.

B. Pembuluh darah
Pembuluh darah manusia dibagi menjadi tiga macam yaitu : nadi ( arteri), vena ( balik) dan pembuluh kapiler.
1. Pembuluh nadi ( arteri )
     Berfungsi untuk membawa darah yang mengandung oksigen dari jantungh keseluruh tubuh. Pembuluh nadi dapat mengangkut sari makanan dan obat. Ukuran pembuluh nadi jantung kira-kira sebesar sedotan minuman.
2. pembuluh balik ( vena )
    Berfungsi untuk membawa darah yang mengandung karbon dioksida dari seluruh tubuh ke bagian kanan jantung. Darah ini akan di pompa ke paru-paru untuk di segarkan kembali.
3. pembuluh kapiler
    Merupakan pembuluh darah yang terkecil. Pembuluh ini langfsung berhubungan dengan sel-sel tubuh. Pembuluh ini juga menghubungkan ujung pembuluh nadi terkecil dan pembuluh balik terkecil. Pertukaran oksigen dsan karbon dioksida terjadi pada pembuluh kapiler.
Download DIISINI


By ApeG



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PEREDARAN DARAH MANUSIA"