LAPORAN HASIL AKSI NYATA MODUL 1.4 BUDAYA POSITIF

 

 

 PGP – Angkatan 4-Kab. Sragen

Aviandri Cahya Nugroho, S.Pd., Gr. - Modul 1.4.a.10 Aksi Nyata

Guru SD Negeri Pengkok 3 Kab. Sragen

 

LATAR BELAKANG

Literasi adalah kemampuan berbahasa seseorang (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis) untuk berkomunikasi dengan cara yang berbeda sesuai dengan tujuannya. Teale & Sulzby (1986) mengartikan literasi secara sempit yaitu, literasi sebagai kemampuan membaca dan menulis. Hal ini sejalan dengan pendapat Grabe dan Kaplan (1992) dan Graff (2006) yang mengartikan literacy sebagai kemampuan untuk membaca dan menulis. Kemampuan membaca dan menulis sangat diperlukan untuk membangun sikap kritis dan kreatif terhadap berbagai fenomena kehidupan yang mampu menumbuhkan kehalusan budi, kesetiakawanan dan sebagai bentuk upaya melestarikan budaya bangsa. Bagaimana membuat peserta didik memiliki semangat untuk melakukan literasi baik membaca maupun menulis. Bermula dari kesadaran, dan menumbuhkan motivasi intrinsik. Bagiamana budaya literasi di kelas maupun di sekolah yang merupakan cerminan budaya poisitif ini dapat tumbuh dan berkembang menjadi karakter semua warga sekolah. Bagaimana Budaya positif di sekolah yang harus dikembangkan guru untuk mewujudkan karakter atau profil pelajar Pancasila. Serta bagaimana efektifitas komunikasi dua arah yang diciptakan dapat membantu menumbuhkan kesadaran murid agar menjadi pribadi yang berempati dan berbudaya serta menumbuhkan budaya literasi.

 

TUJUAN AKSI NYATA

Adapaun tujuan aksi nyata yang dilakukan calon guru penggerak yaitu:

1.     Literasi adalah bagian dari kesepakatan kelas yang wajib dijalankan dan diterapkan oleh murid dan guru.

2.     Melatih kedisiplinan dan tanggung jawab siswa untuk senantiasa melakukan budaya positip yaitu melaksanakan literasi setiap hari.

3.     Agar murid, guru, dan seluruh warga sekolah suka dengan budaya literasi.

4.     Agar menimbulkan semangat belajar murid.

 

DESKRIPSI AKSI NYATA

Calon guru penggerak melaksanakan jadwal aksi nyata modul 1.4 dengan melaksanakan kesepakatan kelas yang dilaksanakan guru Bersama siswa, kemudian calon guru penggerak mengambil satu poin kesepakatan yang dapat dilakukan saat ini adalah kegiatan literasi 15 menit sebelum pembelajaran dimulai melalui analisis Inkuiry apresiatif model bagja. Adapun langkah-langkah aksi nyata yang dilakukan :

1.    Meminta izin dengan kepala sekolah

2.    Berkomunikasi dengan murid untuk hadir kesekolah tepat waktu.

3.    Bekerjasama dengan siswa untuk selalu Bersama- sama melaksanakan literasi sebelum kegiatan pembelajaran.

4.    Melaksanakan evaluasi kegiatan.

Respon peserta didik merasa senang dan apresiatif, mereka bersemangat melakukan perubahan aturan-aturan kelas. Bersemangat untuk menyepakati draft kesepakatan karena motivasi intrinsik untuk menjadi lebih baik.

 

TOLAK UKUR KEBERHASILAN

1.    Murid selalu menjalankan kesepakatan kelas setiap hari yaitu dengan dating ke sekolah tepat pada waktunya serta melaksanakan kegiatan Literasi 15 menit sebelum kegiatan pembelajaran

2.    Budaya literasi tampak dikelas

3.    Terjalin komunikasi aktif antara guru, murid, dan seluruh warga sekolah.

 

TANTANGAN KEGIATAN

1.    Buku yang ada di sekolah terbatas sehingga perlu alternative lain untuk mengumpulkan buku- buku agar dapat dimanfaatkan siswa untuk kegiatan literasi.

2.    Rekan guru belum semua mau di ajak kerjasama untuk menerapkan budaya literasi di setiap kelas. Sehingga proses memberi contoh di kelas yang diampu calon guru penggerak terlebih dahulu.

 

PROGRAM TINDAK LANJUT

Calon guru penggerak akan membuat budaya literasi tidak hanya di kelas yang di ampu namun setiap kelas menerapkan budaya literasi setiap 15 menit sebelum pembelajaran. Calon Guru Penggerak bekerjasama dengan rekan guru di kelas yang lain.

 


 

HASIL AKSI NYATA

 

Gambar 1. Koordinasi dengan Kepala Sekolah

 


Gambar 2. Kegiatan literasi

 


Gambar 3. Kegiatan literasi



Gambar 4. Kegiatan literasi



Gambar 5. Kegiatan literasi

 

 


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "LAPORAN HASIL AKSI NYATA MODUL 1.4 BUDAYA POSITIF "