DELAPAN KECERDASAN H. GARDNER
Dr.Howad Gardner mengartikan kecerdasan dengan :
1. Kemampuan menyelesaikan masalah di dalam dunia kehidupan nyata
2. Kemampuan menemukan pokok permasalahan dari suatu kejadian.
3. Kemampuan menciptakan masalah untuk tujuan yang konstruktif. F
4. Kemampuan memberikan suatu produk atau jasa yang bernilai dan dapat diterima pada suatu budaya tertentu. (Gardner : 1983)
1. Logis – matematis
Berpikir dengan (penalaran. Melibatkan masalah secara logis dan ilmiah dan kemampuan matematik.
o Bereksperimen
o Bertanya,
o Menghitung,
o Logika deduktif dan induktif,
o Mengorganisasikan,
o Fakta,
o Teka-teki, dan
o Skenario.
2. Linguistik – Verbal
Berpikir dalam kata-kata. Mencakup kemahiran dalam berbahasa untuk berbicara, menulis, membaca, menghubungkan dan menafsirkan.
Bermain Kata-kata, Berbicara, Menulis, Bercerita, mendengarkan, buku, kaset dialog, diskusi, puisi, lirik, mengeja, bahasa asing, surat, pidato dan menafsirkan.
JENIS KEGIATAN LOGICAL/MATHEMATICAL
· Menganalisa
· Menghitung
· Deduksi
· Menemukan fungsi dan hubungan
· Memperkirakan
· Melakukan percobaan
· Menjelaskan sesuatu dengan jelas
· Menemukan dan meciptakan
· Induksi
· Pengorganisasian, membuat batasan-batasan dan urutan-urutan
· Bermain permainan yang membutuhkan strategi
· Bertanya
· Menalar secara abstrak
· Menyeleksi
· Menyelesaikan secara logis sesuai runtutan cerita
· Menggunakan simbol abstrak
· Mendaftar fakta-fakta
· Membuat diagram
· Memimpin sebuah percobaan
TEKNIK PENGEMBANGAN KECERDASAN LOGIS MATEMATIS
· Mempelajari cara menggunakan sempoa
· Mempelajari teka-teki logika/pengasah otak
· Mempelajari cara memecahkan masalah
· Membentuk sebuah kelompok diskusi atau lingkaran studi
· Mengidentifikasi prinsip-prinsip ilmiah yang terjadi di sekitaar rumah
· Menghadapi soal matematika dalam hidup sehari-hari
· Mencoba menghitung harta yang wajib dizakatkan perbulan
· Mengunjungi laboratorium sains.
JENIS KEGIATAN LINGUISTIK
• Berkomunikasi
• Membuat cerita
• Berdebat, berdiskusi
• Belajar bahasa lain selain bahasanya sendiri
• Bermain permainan kata
• Membaca dengan pengertian
• Mengingat percakapan
• Mengeja dengan mudah
• Meyampaikan gurauan,…,ritme
• Mengguakan tata bahasa yang benar
• Menggunakan kosa kata yang bermacam-macam
• Menulis (deskripsi dan humor)
• Menuliskan sebuah cerita
TEKNIK PENGEMBANGAN KECERDASAN LINGUISTIK
• Melakukan permaina kata-kata (TTS, anagram)
• Mencintai buku
• Merekam pembicaraan sendiri dengan tape recorder
• Sering mengunjungi perpustakaan
• Berlangganan koran yang baik
• Bergabung dengan kelompok pidato atau kelompok diskusi
• Mendengarkan rekaman ahli pidato, penyair, pendongeng, dan pembicara lain yang terkenal
• Memperhatikan dialek, saya verbal, intonasi, kosa kata dan lain sebagainya
• Meyediakan waktu untuk bercerita
• Menciptakan lelucon, teka-teki, atau permainan kata
• Menggunakan salah satu kata baru dalam percakapan sehari-hari
3. Spasial – Visual
Berpikir dalam citra dan gambar. Melibatkan kemampuan untuk memahami hubungan ruang dan citra mental, serta secara akurat mengerti dunia visual.
Menggambar, mensketsa, mencoret-coret, visualisasi, citra, grafik, desain, tabel, seni, video dan ilustrasi.
JENIS KEGIATAN SPASIAL VISUAL
• Menghargai dan menciptakan sebuah karya arsitektur
• Mengatur dan menghias
• Membangun bangunan
• Mendesain
• Mengkoordinasikan warna
• Menciptakan dan menginterpretasikan pengaturan grafis
• Menghias, desain interior
• Membayangkan dalam detil, memvisualisasikan
• Navigasi, indera sketsa dan menggambar
• Bermain permainan spasial
• Membaca peta
• Mengingat detail visual
• Melihat perspektif orang lain
• Melihat solusi dalam suatu masalah
• Menyelesaikan puzzle
• Berfikir dalam gambar dan image
• Membuat album foto
• Menciptakan kolase membuat poster
• Menggunakan warna dan bentuk
4. Musikal – Ritmik
Berpikir dalam irama dan melodi,
• Menyanyi
• Bersenandung
• Mengetuk-ngetuk
• Irama
• Melodi
• Ketepatan
• Warna nada
• Alat musik
• Irama
JENIS KEGIATAN MUSIKAL
• Menyusun melodi, lirik
• Bersenandug
• Mengidentifikasikan alat musik
• Mengingat suatu ritme
• Belajar melalui sebuah lirik
• Memperhatikan dan menghargai sebuah musik
• Belajar dengan menggunakan telinga
• Bermain alat musik
• Membaca dan menulis musik
• Mengenali melodi, nyanyian dan gubahan
• Menyanyi rap
• Bernyanyi dengan nada yang tepat
• Bertepuk tangan dan kaki
• Mengerti kosep musik
• Mengubah kata ke lagu
• Menciptakan kolaborasi musik
• Menemukan judul lagu yang menjelaskan isi lagu
• Menciptakan permainan lagu
• Mengidentifikasi musik yang dapat membantu proses belajar
TEKNIK MENGEMBANGKAN KECERDASAN MUSIKAL
• Sering bersenandung
• Bermain musik dengan teman
• Bergabung dengan padua suara di sekolah
• Mengikuti pelajaran formal musik
• Meluangkan waktu selama satu jam setiap hari untuk mendengarkan musik
• Membiasakan untuk belajar, bekerja, atau makan, dengan diiringi musik, pada waktu yang biasanya tenang
• Mencari musik kegemaran semasa kanak-kanak
• Mengarang lagu ciptaan sendiri
• Mengadakan diskusi bersama tentang musik
5. Interpersonal
Berpikir lewat berkomunikasi dengan orang lain. ini memacu pada “Ketrampilan Manusia”.
• Memimpin
• Mengorganisasi
• Berinteraksi
• Berbagi
• Menyayangi
• Berbicara
• Sosialisasi
• Manipulasi menjadi pendamai
• Permainan kelompok
• Klub dan lain-lain.
6. Intrapersonal
Berpikir secara reflektif.
• Introspeksi dan intuisi
• Mengetahui dan mengatur suasana hati dan perasaan
• Mengetahui kekuatan dan kelemahan
• Memotivasi diri sendiri
• Membuat tujuan yang realistik
• Berpikir tentang apa yang orang lain pikirkan
• Mengerti konflik dan motivasi di dalam diri.
7. Badan Kinestetik
Berpikir melalui sensasi dan gerakan fisik.
Menari
Berlari
Berlari
Melompat
Menyentuh
Menciptakan
Mencoba
Mensimulasikan
Merakit / membongkar
Bermain drama,
Permainan dan lain-lain.
8. Naturalis
Berpikir dengan acuan alam.
- Jalan-jalan di alam terbuka
- Berinteraksi dengan binatang
- Pengkategorian
- Menatap binatang
- Meramal cuaca
- Simulasi
- Penemuan
Tidak semua kecerdasan itu dapat kuat pada setiap anak. Jadi masing-masing dari kita mempunyai kekuatan dan kelemahan yang alami pada 8 kecerdasan berganda Gardner ini.
- Tidak semua orang punya minat dan kemampuan yang sama.
- Tidak semua dari kita belajar dari cara yang sama.
- Penemuan
1 Response to "DELAPAN KECERDASAN H. GARDNER"
Terima kasih... Sukses and selalu semangat.
Posting Komentar