DELAPAN KECERDASAN H. GARDNER

Dr.Howad Gardner mengartikan kecerdasan dengan :
1.      Kemampuan menyelesaikan masalah di dalam dunia kehidupan nyata
2.      Kemampuan menemukan pokok permasalahan dari suatu kejadian.
3.      Kemampuan menciptakan masalah untuk tujuan yang konstruktif. F
4.      Kemampuan memberikan suatu produk atau jasa yang bernilai dan dapat diterima pada suatu budaya tertentu. (Gardner: 1983)

1. Logis – matematis

            Berpikir dengan (penalaran. Melibatkan masalah secara logis dan ilmiah dan kemampuan matematik.
o       Bereksperimen
o       Bertanya,
o       Menghitung,
o       Logika deduktif dan induktif,
o       Mengorganisasikan,
o       Fakta,
o       Teka-teki, dan
o       Skenario.

2. Linguistik – Verbal
            Berpikir dalam kata-kata. Mencakup kemahiran dalam berbahasa untuk berbicara, menulis, membaca, menghubungkan  dan menafsirkan.
            Bermain Kata-kata, Berbicara, Menulis, Bercerita, mendengarkan, buku, kaset dialog, diskusi, puisi, lirik, mengeja, bahasa asing, surat, pidato dan menafsirkan.
JENIS KEGIATAN LOGICAL/MATHEMATICAL
·        Menganalisa
·        Menghitung
·        Deduksi
·        Menemukan fungsi dan hubungan
·        Memperkirakan
·        Melakukan percobaan
·        Menjelaskan sesuatu dengan jelas
·        Menemukan dan meciptakan
·        Induksi
·        Pengorganisasian, membuat batasan-batasan dan urutan-urutan
·        Bermain permainan yang membutuhkan strategi
·        Bertanya
·        Menalar secara abstrak
·        Menyeleksi
·        Menyelesaikan secara logis sesuai runtutan cerita
·        Menggunakan simbol abstrak
·        Mendaftar fakta-fakta
·        Membuat diagram
·        Memimpin sebuah percobaan
TEKNIK PENGEMBANGAN KECERDASAN LOGIS MATEMATIS
·        Mempelajari cara menggunakan sempoa
·        Mempelajari teka-teki logika/pengasah otak
·        Mempelajari cara memecahkan masalah
·        Membentuk sebuah kelompok diskusi atau lingkaran studi
·        Mengidentifikasi prinsip-prinsip ilmiah yang terjadi di sekitaar rumah
·        Menghadapi soal matematika dalam hidup sehari-hari
·        Mencoba menghitung harta yang wajib dizakatkan perbulan
·        Mengunjungi laboratorium sains.
JENIS KEGIATAN LINGUISTIK
         Berkomunikasi
         Membuat cerita
         Berdebat, berdiskusi
         Belajar bahasa lain selain bahasanya sendiri
         Bermain permainan kata
         Membaca dengan pengertian
         Mengingat percakapan
         Mengeja dengan mudah
         Meyampaikan gurauan,…,ritme
         Mengguakan tata bahasa yang benar
         Menggunakan kosa kata yang bermacam-macam
         Menulis (deskripsi dan humor)
         Menuliskan sebuah cerita
TEKNIK PENGEMBANGAN KECERDASAN LINGUISTIK
         Melakukan permaina kata-kata (TTS, anagram)
         Mencintai buku
         Merekam pembicaraan sendiri dengan tape recorder
         Sering mengunjungi perpustakaan
         Berlangganan koran yang baik
         Bergabung dengan kelompok pidato atau kelompok diskusi
         Mendengarkan rekaman ahli pidato, penyair, pendongeng, dan pembicara lain yang terkenal
         Memperhatikan dialek, saya verbal, intonasi, kosa kata dan lain sebagainya
         Meyediakan waktu untuk bercerita
         Menciptakan lelucon, teka-teki, atau permainan kata
         Menggunakan salah satu kata baru dalam percakapan sehari-hari


3. Spasial – Visual
            Berpikir dalam citra dan gambar. Melibatkan kemampuan untuk memahami hubungan ruang dan citra mental, serta secara akurat mengerti dunia visual.
            Menggambar, mensketsa, mencoret-coret, visualisasi, citra, grafik, desain, tabel, seni, video dan ilustrasi.

JENIS KEGIATAN SPASIAL VISUAL
         Menghargai dan menciptakan sebuah karya arsitektur
         Mengatur dan menghias
         Membangun bangunan
         Mendesain
         Mengkoordinasikan warna
         Menciptakan dan menginterpretasikan pengaturan grafis
         Menghias, desain interior
         Membayangkan dalam detil, memvisualisasikan
         Navigasi, indera sketsa dan menggambar
         Bermain permainan spasial
         Membaca peta
         Mengingat detail visual
         Melihat perspektif orang lain
         Melihat solusi dalam suatu masalah
         Menyelesaikan puzzle
         Berfikir dalam gambar dan image
         Membuat album foto
         Menciptakan kolase membuat poster
         Menggunakan warna dan bentuk

4. Musikal – Ritmik
Berpikir dalam irama dan melodi,
         Menyanyi
         Bersenandung
         Mengetuk-ngetuk
         Irama
         Melodi
         Ketepatan 
         Warna nada
         Alat musik
         Irama 

JENIS KEGIATAN MUSIKAL
         Menyusun melodi, lirik
         Bersenandug
         Mengidentifikasikan alat musik
         Mengingat suatu ritme
         Belajar melalui sebuah lirik
         Memperhatikan dan menghargai sebuah musik
         Belajar dengan menggunakan telinga
         Bermain alat musik
         Membaca dan menulis musik
         Mengenali melodi, nyanyian dan gubahan
         Menyanyi rap
         Bernyanyi dengan nada yang tepat
         Bertepuk tangan dan kaki
         Mengerti kosep musik
         Mengubah kata ke lagu
         Menciptakan kolaborasi musik
         Menemukan judul lagu yang menjelaskan isi lagu
         Menciptakan permainan lagu
         Mengidentifikasi musik yang dapat membantu proses belajar
TEKNIK MENGEMBANGKAN KECERDASAN MUSIKAL
         Sering bersenandung
         Bermain musik dengan teman
         Bergabung dengan padua suara di sekolah
         Mengikuti pelajaran formal musik
         Meluangkan waktu selama satu jam setiap hari untuk mendengarkan musik
         Membiasakan untuk belajar, bekerja, atau makan, dengan diiringi musik, pada waktu yang biasanya tenang
         Mencari musik kegemaran semasa kanak-kanak
         Mengarang lagu ciptaan sendiri
         Mengadakan diskusi bersama tentang musik

5. Interpersonal
            Berpikir lewat berkomunikasi dengan orang lain. ini memacu pada “Ketrampilan Manusia”.
         Memimpin
         Mengorganisasi
         Berinteraksi
         Berbagi
         Menyayangi
         Berbicara
         Sosialisasi
         Manipulasi menjadi pendamai
         Permainan kelompok
         Klub dan lain-lain.



6. Intrapersonal

Berpikir secara reflektif.
         Introspeksi dan intuisi
         Mengetahui dan mengatur suasana hati dan perasaan
         Mengetahui kekuatan dan kelemahan
         Memotivasi diri sendiri
         Membuat tujuan yang realistik
         Berpikir tentang apa yang orang lain pikirkan
         Mengerti konflik dan motivasi di dalam diri.

7. Badan Kinestetik
            Berpikir melalui sensasi dan gerakan fisik.

 Menari  
 Berlari 
Melompat 
Menyentuh 
 Menciptakan 
 Mencoba
Mensimulasikan 
Merakit / membongkar 
  Bermain drama,
 Permainan dan lain-lain.

8. Naturalis
Berpikir dengan acuan alam.

  • Jalan-jalan di alam terbuka
  •  Berinteraksi dengan binatang
  • Pengkategorian 
  •  Menatap binatang
  •  Meramal cuaca
  •  Simulasi 
  •  Penemuan 



Tidak semua kecerdasan itu dapat kuat pada setiap anak. Jadi masing-masing dari kita mempunyai kekuatan dan kelemahan yang alami pada 8 kecerdasan berganda Gardner ini.

  • Tidak semua orang punya minat dan kemampuan yang sama.
  • Tidak semua dari kita belajar dari cara yang sama. 
  •  Penemuan 


Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "DELAPAN KECERDASAN H. GARDNER"

Anonim mengatakan...

Terima kasih... Sukses and selalu semangat.