EDU ZONE HIMA PGSD

 Fokus Utama


Refleksi Pahlawan pada Mahasiswa saat ini
Jika kita memasuki bulan november, tak akan lepas di benak kita tentang satu tanggal yang mengharukan didalamnya, yakni tanggal 10 november yang merupakan hari pahlawan, secara historis, peringatan hari pahlawan ini mengenang pertempuran di surabaya, di mana bung tomo dengan menggebu- gebu membangkitkan nasionalisme pemuda- pemuda surabaya, mengobarkan semangat 45 para pejuang bangsa,
Mepertahankan kehormatan bangsa lebih pernting dibandingkan mengorbankan satu, dua, tiga, empat bahkan 1001 nyawa .Apa yang menyebabkan para pemuda begitu nasionalis saat iu? Yakni,  Pengibaran bendera merah- putih- biru yang dilakukan belanda mensinyalkan mereka ingin merebut kembali Republik indonesia yang telah menyatakan kemerdekaannya tanggal 17 agustus 1945. banyak darah yang menetes, banyak jiwa yang terkorban, tidak hanya di surabaya, pertempuran 5 hari di semarang, bandung lautan api, dan masih banyak lagi perang memepertahankan kemerdekaan Republik indonesia, maka sebab itu, tanggal 10 november diperingati sebgai hari pahlawan.
TIDAK SEKEDAR UPACARA
Lalu, sebagai mahasiswa, apa yang harus kita lakukan mempertingati hari tersebut?  tidak hanya upacara belaka, dan tidak hanya menyanyikan lagu gugur bunga, lalu apa yang harus kita lakukan? Mari berkaca pada realita. Apakah penajajahan berhenti melanda indonesia? Apakah perjuangan para pahlawan mengakhiri percobaan bangsa asing untuk menguasai bangsa indonesia?
Jawabannya adalah tidak
Kita saat ini sedang dijajah? Ya, dijajah, dijajah dengan pemikiran, dijajah dengan teknologi,dijajah dengan produk- produk yang membanjiri pasar indonesia,  dijajah dengan budaya asing dimana kain pemfilter kita telah rapuh di gerogoti globalisasi.
Lalu apa yang harus dilakukan para mahasiswa?
Aksi? Identik dengan kata MAHASISWA. Apa dengan aksi saat ini, mahasiswa dianggap sebagai pahlawan? ada sebagian orang yang mengatakan YA, dengan alasan karena aksi, reformasi lahir, karena aksi untukmenyampaikan aspirasi rakyat yang perlu disampaikan kepada pemerintah. Lalu pertanyaannya,  apakah saat ini aksi- aksi yang mahasiswa lakukan masih seefektif lahirnya reformasi 1998?  Jawabannya bisa YA dan  bisa TIDAK. Dengan alasan sebagai berikut:
YA, aksi yang dilakukan mahasiswa saat ini untuk meluapkan aspirasi rakyat yang harus disampaikan kepada pemerintah, hal ini ditempuh apabila memang sudah mendesak dengan kata lain meja hijau atau perundingan sudah tidak dapat dilaksanakan, memang ini yang harus dilakukan untuk menyentuh hati para pemimpin bangsa agar sedikit tergugah hatinya untuk peduli terhadap rakyat kecil dan tidak seenaknya sendiri dalam memimpin bangsa ini.
TIDAK, aksi yang dilakukan mahasiswa saat ini hanya berbicara dimulut saja dan terkadang terprovokasi pihak- pihak tertentu yang tidak bertanggung jawab sehingga tercipta aksi yang anarkis, aksi yang brutal sangat memprihatinkan memang, ini sebenarnya juga tidak diharapkan mahasiswa yang sedang melakuakan aksi. Seperti halnya reformasi, dikatakan hebat mahasiswa pada saat itu karena berani menuntut hak- hak rakyat di depan pemerintah dalam mengakhiri kejamnya orde baru yang mencekal aksi- aksi yang melawan pemerintah, tapi 12 tahun reformasi, tidak ada kelanjutan mahsiswa untuk kembali menata arti reformasi tersebut.
Alangkah lebih bijaknya jika pahlawan saat ini adalah mahasiswa- mahasiwa yang merubah bangsa dengan penemuan- penemuan teknologi nya, Merubah bangsa dengan karya ciptanya Merubah bangsa dengan tindakannya yang sopan dan ramah, merubah bangsa dengan menjadi pendidik yang mampu menciptakan bibit- bibit agen pembaharu sehingga kelak bangsa indonesia menjadi negara maju yang mampu bersaing dengan negara- negara maju lainnya dan dapat mensejahterakan seluruh rakyat indonesia. Tidak menjadi mahasiswa yang mudah diprovokasi pihak manapun.
Itulah arti pahlawan saat ini
Ciptakanlah image mahasiswa sebagai figur pahlawan bagi masyarakat
Itulah pahlawan saat ini, bangsa kita sedang sakit, bangsa ini butuh para pemuda- pemudi intelektual, khususnya para mahasiswa yang berkarakter kuat dan cerdas.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "EDU ZONE HIMA PGSD"